Pada rumah sakit kucing ini kita akan memnbahas tanda-tanda kucing sakit, vaksinasi, jenis-jenis penyakit kucing dan pengobatannya, obat-ob...

Rumah Sakit Kucing

Pada rumah sakit kucing ini kita akan memnbahas tanda-tanda kucing sakit, vaksinasi, jenis-jenis penyakit kucing dan pengobatannya, obat-obatan yang tidak dianjurkan dan perawatan kucing selama sakit.

Tanda Tanda Kucing Sakit


Kenali gejala-gejala kucing Anda sakit sebelum memutuskan membawa ke dokter hewan atau memberikan obat-obatan. Berikut tanda-tanda kucing sakit:

  • Nafsu makan tiba-tiba berkurang
  • Lesu dan tidur seharian
  • Sering bersembunyi di tempat gelap
  • Kurang minum atau minum berlebihan
  • Feses berdarah / berlendir 
  • Buang air di luar litter box
  • Diare / Mencret, muntah-muntah
  • Batuk-batuk, bersin-bersin terus menerus
  • menggaruk dan menjilati area yang sama terus menerus
  • mengibas-ngibaskan kepala dalam waktu yang sering , biasanya ada masalah di telinganya
  • Belekan, mata berair, mata tidak jernih
  • Gusi berwarna pucat
  • Tidak buang air besar lebih dari 1 hari , kencing sedikit.
  • Pincang
  • Perut terlalu gendut atau terlalu kurus

Pencegahan Penyakit dengan vaksinasi


Untuk menghindari penyakit, pemberian vaksinasi amat penting. Usia minimal pemberian vaksin untuk kucing adalah umur 8 minggu. Sebaiknya setelah berumur 3 bulan. Hal-hal yang perlu diingat adalah:

  • Jangan berikan vaksin / obat-obatan kimia pada kucing hamil dan menyusui
  • Untuk anak kucing, berikan vaksin Tricat (Feline Panleucopenia,Rhinotracheitis, Calici) atau vaksin Tetra cat (Tricat + Chlamydia) pada umur 8 minggu lalu diulangi kembali 1 bulan selanjutnya.
  • Pemberian vaksin rabies diberikan pada umur kucing minimal 4 bulan setelah pemberian vaksin tricat.
  • Untuk kucing dewasa (umur lebih dari 6 bulan) dapat diberikan vaksin tricat dan rabies setahun sekali saja

note : Jangan memberikan vaksin dan obat-obatan kimia pada kucing hamil!


Macam-Macam Penyakit Kucing dan Pengobatannya


Jamur / Ring Worm


Penyebab : Lingkungan yang lembab sehingga spora berkembang biak di tubuh kucing
Gejala : gatal-gatal, kulit merah dan botak lingkaran warna merah, timbul ketombe
Pengobatan : obat gosok dan salep, shampoo dengan bahan aktif ketoconazole 2% atau mengandung , providone iodine 4%,larutan belerang 5%, 1 ml amitraz 5 % dilarutkan dalam 100 ml air(harus dengan saran dokter).
Pencegahan : menjaga lingkungan tetap bersih, menyemprot kandang dengan disinfektan, menjaga tubuh kucing agar selalu kering, jemur di bawah sinar matahari pagi.

Kutu/Pinjal


Penyebab : lingkungan yang tidak bersih, tertular dari kucing lain
Gejala : gatal-gatal, sering menggaruk-garuk, kucing lemas , anemia, dan tampak kutu/telur kutu pada bulu
Pengobatan : suntik ivermectin (suntikan untuk membunuh kutu dewasa dan cacing dewasa), obat tetes diteteskan pada tengkuk kucing sebulan sekali (merk obat tetes nya ada frontline, revolution), shampoo kutu.
Pencegahan : selalu bersihkan kandang dan sekitarnya dan pisahkan kucing yang terinfeksi agar tidak menular ke kucing lainnya.

Ear mites / Tungau telinga


Penyebab : tertular hewan lain, telinga yang kotor.
Gejala : kucing sering menggaruk2 telinga, lalu menggeleng-gelengkan kepalanya. telinga dalam kotor seperti bubuk kopi, dan berbau.
Pengobatan : 1 cc ivomec 1% ditetes pada telinga, frontline 1 tetes pada setiap telinga, revolution 2 minggu sekali, boric acid powder ditabur ke dalam telinga.

Radang Telinga (otitis)


Penyebab : ear mite, bakteri, jamur, kanker, alergi, gangguan kekebalan tubuh, luka.
Gejala : daun telinga kemerahan, sedikit bengkak disertai kotoran telinga, saluran telinga menyempit /tertutup sebagioan akibat bengkak, kotoran dalam saluran telinga
Pengobatan :  Obat tetes telinga yang mengandung anti ektoparasit atau injeksi obat golongan avermectin (ivermectin, selamectin, dll) bisa diberikan bila otitis disebabkan oleh ear mite atau ekto parasit lain
Pencegahan: Selalu memeriksa kebersihan telinga kucing secara teratur. Bersihkan telinga kucing secara rutin. Cairan telinga normal berwarna bening-kuning kecoklatan. Bila berwarna coklat tua atau berbau busuk, kemungkinan besar kucing menderita otitis.

Flu Kucing


Penyebab : virus. tertular dari air liur, bersin, kontak fisik dengan alat-alat yang tercemar virus. bisa dari tangan manusia yang tidak dicuci setelah memegang apa saja yang tercemar virus.
Gejala : bersin-bersin,demam,lemah,lesu,nafsu makan berkurang,batuk,mata merah, berair
Pengobatan : pemberian lysin dapat mencegah perkembangbiakan virus dan mempercepat kesembuhan.   antibiotik juga diberikan untuk mencegah infeksi sekunder akibat bakteri.
Pencegahan : pemberian vaksinasi pada kucing. cuci tangan dengan sabun antiseptic sebelum memegang kucing. berikan vitamin/suplemen agar kucing memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Radang Paru-paru (Feline chlamydiosis)


Penyebab: bakteri Chlamydia psitacii, nutrisi kurang baik, kandang yang tidak bersih.
Gejala : radang/sakit pada mata,cairan kotoran mata berlebihan,pilek, bersin,kesulitan bernafas
Pengobatan : belum ada. hanya pemberian antibiotik tetrasiklin. untuk matanya bisa diberikan salep mata yang mengandung tetrasiklin/
Pencegahan: pemberian vaksinasi, menjaga kebersihan kandang, memberikan suplemen agar kucing memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Radang Selaput Rongga Perut (Feline Infectious Peritonitis (FIP))


Penyebab : coronavirus (feline corona virus/FcoV).Kucing sehat tertular melalui kontak langsung dengan kucing yang terinfeksi atau kotorannya (feces). Kucing yang terinfeksi menyebarkan virus melalui liur dan feces. bisa juga tertular dari peralatan2 yang tercemar virus. anak kucing bisa tertular dari induknya.
Gejala : bersin-bersin, mata berair, lendir hidung yang berlebihan, diare, berat badan berkurang, lemah & lesu, depresi, bulu kasar.
Pengobatan : belum ada. hanya pemberian obat untuk mengurangi gejala dan rasa sakit.
Pencegahan : jaga kebersihan kandang , peralatan makan. berikan nutrisi yang baik kepada kucing.

Radang Usus / Distemper (Feline Panleucopenia)


Penyebab: virus. kontak langsung atau tidak langsung melalui air liur, air kencing,muntah dan melalui kotoran kucing yang terinfeksi.
Gejala: anemia, muntah-muntah dan diare yang parah
Pengobatan: belum ada. hanya pemberian obat yang bertujuan mencegah infeksi lain yang disebabkan bakteri dan meningkatkan kondisi tubuh kucing.
Pencegahan: pemberian vaksinasi teratur. pemberian nutrisi yang baik.

Gangguan pernafasan, sariawan dan persendian (Feline Calicivirus)


Penyebab:sekelompok virus dan bakteri.kandang kurang bersih. tak ada ventilasi. suhu udara terlalu panas/dingin.
Gejala: bersin,batuk,pilek,cairan berlebih dari hidung dan mata, luka pada hidung seperti sariawan, bibir luka, sulit bernafas.
Pengobatan :Beri nutrisi yang baik, bersihkan kotoran pada mata dan hidung. Pemberian antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri.
Pencegahan: pemberian vaksinasi teratur.

Penurunan sistem kekebalan tubuh


Penyebab: Feline Immunodeficiency Virus. Penularan melalui luka gigitan.
Gejala: tidak ada, tapi dapat menyebabkan kematian setelah beberapa tahun.
Pengobatan: belum ada. Pengobatan hanya bertujuan mencegah infeksi sekunder.
Pencegahan : mencegah kucing bertindak agresif seperti menggigit2 sesuatu, mengkandangkan kucing di dalam rumah. vaksinasi teratur dan pemberian nutrisi pada kucing.

Pyometra / uterus yang membengkak


Penyebab : Kelebihan jumlah hormon progesterone. Pyometra terjadi pada kucing betina setelah siklus heat yg tidak diikuti dengan pembuahan. Kucing yg ditunda2 tidak dikawinkan setelah lewat 2 x masa heat dan kucing yg disuntik estradiol.
Gejala :Kucing akan lebih sering menjilat2 vagina, membersihkan cairan putih/kuning dari vagina,Demam, lemas, muntah2, menolak makan , perut membesar, mungkin tidak dapat berjalan (lemah pada kaki belakang), minum berlebihan, pengeluaran urin yg berlebihan, peningkatan jumlah sel darah putih secara signifikan pada pemeriksaan darah
Pengobatan : rostaglandin F2 alpha dan antibiotik jangka panjang biasanya digunakan pada Pyometra Terbuka. Tindakan diberikan secara intravena (infus).Ovariohysterectomy (operasi pengangkatan ovarium & uterus/spay) bersamaan dengan pemberian antibiotik, pada waktu operasi dan pasca operasi.
Pencegahan : spay (steril) kucing betina sebelum umur 6 bulan. Kucing betina sebaiknya tidak ditunda2 untuk dikawinkan, lebih dari 2 x masa heat

Feline lower urinary tract disease (FLUTD) / feline urologic syndrome (FUS) / Gangguan Saluran Kencing


Penyebab : kurang minum. asupan magnesium terlalu tinggi hingga akumulasi kristal mineral pada saluran urinaria ,peradangan kandung kemih cystitis akibat iritasi dari kristal pada dinding VU, ,pembentukan batu VU, ,pembentukan sumbat pada uretra berupa pasir kristal mineral (blokade uretra), akumulasi zat kimia yang beracun pada aliran darah ketika blokade pada uretra  Pada beberapa keadaan urin yang tertahan dalam VU dapat berbalik mengalir ke ginjal yang menyebabkan kematian oleh gagal ginjal akut atau cystitis parah.
Gejala : Perut kucing terasa kencang, ada benjolan di sekitar anus, pipis sedikit, pipis berdarah, lemas.
Pengobatan : diberikan kateter. pemberian makanan wet food atau makanan yang khusus penyembuhan urinary.penggunaan herbal keji beling/calcusol untuk maintenance selanjutnya.
Pencegehan : pastikan kucing banyak minum, tidak mengkonsumsi makanan yang tinggi magnesium.

Periodental (penyakit pinggiran gigi)


Penyebab: plak yang disebabkan oleh bakteri dan makanan yang tidak dibersihkan di gigi. plak akan membentuk tartar gigi, lalu akan membentuk karang gigi.
Gejala : nanah di sekitar gigi, nafas bau busuk, gusi mudah luka dan berdarah,mulut sakit bila dipegang, mencakar daerah sekitar mulut, gusi bengkak/ berwarna merah, gigi longgar/lepas, hilang nafsu makan, air liur menetes, susah mengunyah / makan
Pengobatan : scalling gigi, bila sudah amat parah dilakukan operasi cabut gigi atau membuang sebagian jaringan gusi yang sudah rusak parah (gingivectomy)
Pencegahan : menyikat gigi kucing secara teratur setelah makan dengan gel khusus gigi kucing.

Cacing Pita


Penyebab: penyebaran melalui kutu/pinjal. tertular melalui induk.
Gejala : banyak makan tetapi tetap kurus dan perut buncit, terdapat cacing pada kotoran atau muntah kucing. mata kucing belekan.
Pengobatan : pemberian obat cacing yang mengandung Prazyquantel, dichlorphen atau febendanzole dan pemberian obat anti kutu.
Pencegahan : pemberian obat cacing dan anti kutu secara teratur.

Cacing Gelang


Penyebab: tertular melalui induk , tertular dari tikus. telur cacing pada kotoran.
Gejala : banyak makan tetapi tetap kurus dan perut buncit, terdapat cacing pada kotoran atau muntah kucing.
Pengobatan : pemberian obat cacing yang mengandung bahan aktif pyrantel, febendazole, mebendazole atau piperazine.
Pencegahan : pemberian obat cacing dan anti kutu secara teratur.


Diabetes Mellitus


Penyebab :Gula, glukosa darah. secara genetik melalui induk yang pernah mengalami DM,penggunaan obat jenis Cortison dan Progesteron yg berlebihan,obesitas.
Gejala : minum berlebihan (polydipsi),urinasi berlebihan (polyuria),frekuensi makan berlebihan (polyphagia),nafsu makan hilang (anoreksia),fatigue, depresi dan muntah-muntah,bulu berminyak, kulit memerah dan ketombe pada bulu
Pengobatan: suntikan insulin atau satu atau dua kali sehari setelah makan. berikan makanan khusus kucing diabetes.
Pencegahan : jangan memberikan pakan yg berlebih pada kucing, terutama yg kadar karbohidrat dan lemak yg tinggi, jenis pakan tipe indoor sangat cocok buat kucing yg tidak banyak aktivitas.

Wasir / Ambeien


Penyebab : kurang serat dan air. sembelit dan usia tua.
Gejala : kucing sering menjilat anus, menggesek-gesekkan anus ke lantai, pembengkakan pada kulit sekitar anus, terdapat darah di feces.
Pengobatan: salep topikal untuk wasir eksternal atau supositoria untuk internal.
Pencegahan : berikan cukup air minum dan serat untuk kucing.

Keracunan


Penyebab : Makanan beralkohol, cokelat, serangga dan binatang kecil, Cairan pembersih rumah tangga (detergent), amoniak, pemutih (bleach), gasoline, lem,aloe vera, amaryllis, avocado, azalea, bird of paradise, calla lily, castor bean, corn plant, cyclamen, daffodil, day lily, dieffenbachia, Easter lily, elephant ears, English ivy, gladiolus, holly, hyacinth, hydrangea, iris, kalanchoe, Macadamia nut, marijuana, mistletoe, narcissus, philodendron, rhododendron, tomato plant, tulip, yew, yucca, Sengatan Ular, Scorpion, serangga, obat manusia seperti Aspirin, Acetaminophen, paracetamol

Gejala: muntah,Diare,Kejang,Halusinasi,Kesakitan pada bagian perut (abdominal pain),Koma, Drooling (Keluar liur),Air liur menetes secara berlebihan (hipersalivasi).Selaput lendir berwarna coklat-abu.Nafas terengah-engah.Bengkak di wajah, leher dan kaki.Hipotermia (suhu badan rendah).Langkah kaki tidak terkoordinasi (ataksia).Urin berwarna coklat tua/gelap.

Pengobatan : Sebelum dibawa ke vet,  berikan hydrogen peroxida 3% dengan dosis 1 sendok teh per pound berat badan kucing, diberikan setiap 10 menit sampai kucing muntah. Maksimum 3 sendok teh per dosis dan maksimum 3 kali pemberian. Jangan memaksa kucing untuk muntah dengan cara di atas untuk hal-hal berikut; kucing sudah muntah, tidak sadar atau kejang, menelan chemical product seperti acid, alkali, serta household chemical serta gasoline, kucing menelan benda tajam, serta kucing menelan racun lebih dari 2 jam.

Pencegahan: jauhkan bahan-bahan berbahaya dari kucing seperti obat nyamuk, pembersih rumah tangga,obat-obatan. bila menyemprotkan pembersih atau obat2 beracun jangan sampai mengenai makanannya. periksa jadwal expired makanan dan obat2an.

Alergi Makanan


Penyebab : tidak cocok pada makanan tertentu.
Gejala : alergi , gatal-gatal, pup berdarah, bulu rontok
Pengobatan : segera ganti makanannya dengan yang tidak menyebabkan alergi.

Diare


Penyebab: mengganti makanan secara tiba-tiba, masuknya mikrobia patogen.
Gejala: pup lembek dan berair. lemas. pup di luar litter box.
Pengobatan : campurkan sesendok gula pasir dan sedikit garam dalam segelas air hangat (pengganti Oralit) berikan sedikit demi sedikit tapi sering,Untuk kitten, sebaiknya dipuasakan selama 1/2 hari
sedangkan untuk kucing dewasa dipuasakan selama 1 hari (minum tetep diberikan), setelah puasa, jangan langsung memberikan makanan kering, berikan makanan yang lembut seperti wet food.
Pencegahan : jangan mengganti makanan kucing secara tiba-tiba, gantilah secara bertahap.



Cara Merawat Kucing Sakit


Sebaiknya jika terjadi gejala-gejala kucing sakit segera bawa ke dokter hewan.
Paksa kucing makan jika tidak mau makan, bisa dengan cara disuapi atau dipancing selera makannya dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.
pisahkan kucing yang sakit dengan kucing lainnya.
berikan air minum yang cukup
berikan obat sesuai dengan resep dokter


Cara memberikan obat pada kucing


Posisikan kucing dengan punggung menghadap sesuatu supaya dia tidak bisa lari mundur dari anda: tembok, sandaran sofa, badan anda (dengan menjepit kucing di antara lutut/paha atau dengan lengan)

Pegang tablet/kapsul dengan jempol dan telunjuk anda
Dengan tangan anda yang satu lagi, perlahan raih kepala kucing anda dan miringkan ke arah belakang hingga mendongak

Pegang kepala hingga rahang atas dengan tangan anda dan dengan tangan yang memegang pil, buka rahang bawah dengan jari tengah dengan menekan gigi taring bawahnya atau gigi seri bawah

Sambil menahan rahang bawahnya, cepat letakkan tablet/kapsul ke pangkal lidah/kerongkongan kucing anda. Hati-hati terlalu dalam memasukkan tangan anda.
Anda juga dapat menggunakan pelontar pil yang dapat diperoleh di klinik atau petshop.

Cepat tutup moncong kucing anda, pegang dan kembalikan kepala nya ke posisi normal. Elus leher atau kerongkongan kucing anda, atau tiup hidungnya supaya dia menjilat hidungnya dan secara otomatis menelan obat.

Setelah dia terlihat menelan, cek kembali mulutnya. Ada kucing yang menyembunyikan tablet/kapsulnya untuk kemudian dimuntahkan kembali.

Berikan minum dan treat dan pujian setelah dia menelan obatnya.

Cara lain : campurkan dengan makanan kesukaannya.


44 comments:

  1. kucing ku persi tdk mau makan mulut mengeluarkan lendir apa dan bagaimana ya pengobatannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


      Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

      kC.

      Delete
  2. 2 bln lalu sy punya 9 ekor anak kucing kampung umur 3 minggu yg tiba2 sakit. gejalanya mirip penyakit tetelo pada ayam, perutnya membengkak, badan dingin, dan jangka waktu dari awal gejala sampai akhirnya mati 3 hari s.d. 5 hari paling lama. dari awalnya lincah, dlm waktu 3-5 hari, lumpuh total, akhirnya 7 ekor anak kucing sy mati, 2 lainnya tdk terkena gejala tsb.

    dan sekarang 1 ekor lagi terkena penyakit serupa. sejak umur 10 thn sy sudh pelihara kucing, dan baru kali ini mendapati penyakit kucing separah ini. bagaimana pertolongan pertama utk anak kucing yang rentan terkena penyakit ini?

    ReplyDelete
  3. kucing saya baru pulih dari infections, sepanjang minggu lepas saya perasan badannya bengkak, bengkak itu lembik dan hanya di sebelah kiri di dada nya. dia kurang makan dan hanya terlantar baring saja. apa masalah dia?

    ReplyDelete
  4. Kucing saya d kiri rahang bawahnya terdapat benjolan yang makin membesar, selalu menjilat badannya sering, saya gatau kucingnya memang mandi atau ada yang salah, kenapa ya dengan kucing saya, mohon bantuannya ya,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dengan kucing saya berarti ,,, duh knpa ya ,,, harus gmna kasian ... dia juga lesu terus sering tidur ,,, mohon bantu jawab ya

      Delete
  5. Kucing saya sudah 2 hari sakit, matanya berair dan suka nya bersembunyi di tempat gelap dia selalu mengeluarkan kotoran yang berdarah dan dia kurang makan tapi dia sering minum, kira2 itu knp ya?

    ReplyDelete
  6. kucing mu mungkin cacingan,dan mata berair itu biasa terdapat pada kucing,rajin aja lap pake tisu basah,,,,

    ReplyDelete
  7. kucingku umur 5 bulan, disekitar gigi taring keliatan berdarah dan seperti meradang, terus bau mulut juga, gimana cara ngobatinnya ya ? tnq

    ReplyDelete
  8. Kucingku umur 6 tahun, bulan september lalu mestinya divaksin tapi karena kondisinya yg kurang baik maka g bisa divaksin. Namun makin hari makin g cerah dia, malah kemudian bbrp hari terakhir sering keluar darah dari mulutnya. Sdh cek darah di lab, selengkap-lengkapnya, tetep aja kesimulannya ada peradangan di dalam, mgkn ginjalnya juga sdh kena ditandai dg adanya kadar urea dlm darah cukup tinggi. tadi siang baru aja ta ambil dari klinik. ini aku gag bs tisur, nemanin dia krn jam 00 tadi keluar darah segar dari mulutnya,, n aku kompres2 dia pakai es... skrg sdh agk mending... tapi apa iya akn kyk gini setiap hari...

    ReplyDelete
  9. Ak punya kucing pernah luka infeksi sampe lubang di pipi, leher. Ada yg gk mau makan sm sekali. Ada yg hbs tertabrak kereta api, ditemukan pingsan mulut berdarah & diare tdk terkontrol. Alhamdulillah bs teratasi dg GAMAT. Bs diminum & bs dioleskn pada luka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo untuk pyometra(infeksi rahim pd kucing)bs smbuh jg gk...

      Delete
  10. Kuhcing saya ank dye maty dlm perut mcm mane nk bg bayi tuh kluar

    ReplyDelete
  11. Gimana cara merawat kucing sakit dan cara pencegahannya. Ketika ada benjolan dikaki depannya??
    Kasian, sampe kucing saya gg nafsu makan, lesu, gg mau ngapa"in.
    Ditunggu sarannya. Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
  12. Dear Faridah,
    Kucing saya sepertinya terkena ear mites krn ciri2nya persis seperti yang disebutkan diatas. untuk pemberian obatnya, apakah diberikan semua obat yg tertera diatas atau cukup dengan salah satunya?

    ReplyDelete
  13. Untuk earmite beli di apotik aja, namanya tetes telinga otolin atau otopain, kucingny umur brp bulan, kucingku umur 3 bulan dikasi otopain 0, 3 ml.. tiap pagi sama sore. Untuk pencegahan supaya gak digaruk terus,, kasi collar di lehernya, seminggu klo yg parah aku rutinin, skrg kupingnya dah sehat

    ReplyDelete
  14. Kucing saya jantan. Didaerah tmpt pipisny itu ada warna kuning. Spertinta keras dan dia sering menjilat2nya.. Umurnya baru 7 bulan. Tu knp y? Plis bles..

    ReplyDelete
  15. kucingku betina1 tahun, kemaren bulu bagian kaki dan ekornya basah pas di cek bagian reproduksinya mengeluarkan darah encer, spt cairan warna pink kemerahan, itu kenapa ya? :(
    saya panik banget tapi belum sempet ke vet.
    pulang kuliah saya cek lagi seperti ada daging keluar dari tempat yg sama itu kenapa? :( dia lemes, kurang nafsu makan ga aktif lagi kaya biasanya.

    ReplyDelete
  16. kucingku udah 2 hari sembelit, gak tega ngeliatnya... tolong tips_nya ???

    ReplyDelete
  17. Kucing saya sulit buang air kecil dan kaki belakang tidak mampu berdiri normal dan lemas. Sudah diberikan perawatan kateter untuk buang air kecilnya, tp masih aja sulit buang air kecilnya, dan bagian bawah perutnya suka terdapat benjolan seperti bola yg jika di tekan akan mengeluarkan urine nya. Apakah kucing saya sakit ginjal ?

    ReplyDelete
  18. saya punya kucing dia mengeluarkan bau tidak sedap pada mulutnya ???apa ada obatnya ????

    ReplyDelete
  19. Berapa sihh biaya dokter hewan untuk seekor kucing yang kena flutd... saya masih sekolah jadi uang yang saya punya tidak banyak... mohon infokan ke saya .. trimakasih before...

    ReplyDelete
  20. kucing saya umur 1bln bagian anusnya merah iritasi gtu , trus pupnya cair apa obatnya ya? badannya kurus napsu makannya juga ga tentu :( tolong bantu infonya . terimakasih

    ReplyDelete
  21. Biaya operasi untuk kucing yg gagal ginjal brp ya ?? Tolong infonya..thx...

    ReplyDelete
  22. Kucing sya skrg umur satu minggu, dia lemas tidur trs ga mau mnum susu, dri lahir udh dtinggal induk'a, sbelum'a dkasih susu mau dmnum tapi skrg engga, dari mata'a sbelah knan keluar cairan kuning sperti nanah, itu knp yh,? Biyr ga lmes dan mau mnum susu lagi hrs gmn,? Mohon bantuan dan info'a catlovers

    ReplyDelete
  23. Kucing sya skrg umur satu minggu, dia lemas tidur trs ga mau mnum susu, dri lahir udh dtinggal induk'a, sbelum'a dkasih susu mau dmnum tapi skrg engga, dari mata'a sbelah knan keluar cairan kuning sperti nanah, itu knp yh,? Biyr ga lmes dan mau mnum susu lagi hrs gmn,? Mohon bantuan dan info'a catlovers

    ReplyDelete
  24. Berbahaya gk sih kalau misal kucing tidak sengaja menelan benda kecil yang terbuat dari karet? kejadiannya tadi skitar stengah jam yg lalu, skarang kucingku masih aktif, kira2 apakah ada efek pada kucing nantinya atau benda itu terbuang dengan sendirinya melalui kotorannya????

    ReplyDelete
  25. saat ini kucing saya sedang hamil. tp telinga kirinya menggelembung, sepertinya kena earmite krna sbelumnya sering dgaruk2. bahkan skrg kl jln kpalanya miring sprti berat sbelah. brp besar biaya yg hrs dikeluarkan utk berobat ke dokter? jk operasi telinga brp besar biayanya?

    ReplyDelete
  26. saat ini kucing saya sedang hamil. tp telinga kirinya menggelembung, sepertinya kena earmite krna sbelumnya sering dgaruk2. bahkan skrg kl jln kpalanya miring sprti berat sbelah. brp besar biaya yg hrs dikeluarkan utk berobat ke dokter? jk operasi telinga brp besar biayanya?

    ReplyDelete
  27. kucing saya sakit terbaring lemas tidak mau makan padahal udah di sodorin ikan tetap gak mau makan, kerja cuma tidur lemas gitu, lalu ada bengkak di bagian dada kirinya tidak tahu karena apa? luka juga tidak ada, bagaimna cara menyembuhkannya?

    ReplyDelete
  28. Teman..
    Kucing saya sudah 3 hari tidak mau makan.sesekali hanya minum. Itu juga dipaksa. Dan diberi kuning telur aym.
    Selama itu tidak tidur2 jg. Badannya pun panas. Diberi oralit juga udah.
    Ada sarankah?
    Kesian liatnya, lemes bgt klo dia jalan. Beratnya juga turun sepertinya. Salnya jd enteng bgt.

    ReplyDelete
  29. Teman..
    Kucing saya sudah 3 hari tidak mau makan.sesekali hanya minum. Itu juga dipaksa. Dan diberi kuning telur aym.
    Selama itu tidak tidur2 jg. Badannya pun panas. Diberi oralit juga udah.
    Ada sarankah?
    Kesian liatnya, lemes bgt klo dia jalan. Beratnya juga turun sepertinya. Salnya jd enteng bgt.

    ReplyDelete
  30. Pencerahan dong
    kucing ku (umur 5 bulan , kelamin jantan) dah 2 minggu ini bagian kaki belakang seperti lemas dah tidak terkordinasi saat jalan. badan seger bisa loncat dan lari tapi ya gitu, kaki belakang nya kelihatan lemas , miring miring saat jalan dan sering terlihat ngesot. itu kenapa ya ? bagi yang pernah dan tahu kenapa tolong dijawab ya, kasian gak bisa lagi loncat2 + kejar2an seperti biasanya

    ReplyDelete
  31. Saya punya kucing, melahirkan 3 anak, dan satu mati, kemudian salah satu kucing saya yang dulunya aktif dan sehat menjadi kurus dan lemas, terus perutnya kalau di tekan malah seperti bolong baru kembali seperti semula, saya bingung mau gimana, karena takut nanti terjadi apa apa, bisa minta penjelasannya?

    ReplyDelete
  32. Kalo pengobatan untuk mata kucing seperti ada selaput berlendir di bola matanya, yang bagus kasih obat apa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya merawat kucing yang tertabrak sekrng dia proses belajar jalan dan sering terjatuh kepalanya sering terbentur tapi akhir" ini kepalanya membengkak seperti ada cairan didalam kepalanya itu kenapa ya mau saya bawa kedokter tp saya tidak punya biaya maksh

      Delete
  33. Kucing ku mengeluarkan cairan dan poop kental cairan yg sangat berbau . Dan kucing ku mengeong" dengan suara yg berbeda atau mungkin karna dia kesakitan. Dia tidak bisa berjalan karna mungkin dia terlalu lemah dan kesakitan di pantat .. apa yg harus saya lakukan pd kucing saya?? Saya sgt kasian namun saya tidak bisa apa" karna disini jauh dr klinik hewan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gmn skrg kucing ny sis anita? Soalnya kucing ku jg keluar darah busuk tetus dr anus ny

      Delete
  34. sama nih sis kucingku juga mengalami hal serupa. kenapa ya ?

    ReplyDelete
  35. Kak, kucingku sekitar 1 tahunan/jantan ufah 3 hari ini jarang pup melainkan sering keluarin lendir agak kental dari anusnya. Dia juga gak mau makan. Makin kurus dan dia sering ngilang gitu. Dia juga jadi lebih sering jilatin sekitar anus dan kelaminnya. Hidung dan telinganya juga agak pucet.Itu kenapa ya kak?

    ReplyDelete
  36. Gmn cara bedain kucing keracunan dan rabies ya? Kucing saya kemarin hbs main keluar rmh trs masuk ke dlm rumah sambil lari2 dan dikepung sama kucing sy lainnya malah takut trs setelah itu dia jalannya sempoyongan mulutnya keluar air liur banyak. dan setelah itu guling2 dan kejang2 saat ditenangin sm ibu sy malah gigit dan setelah itu mulutnya keluar busa telinganya keluar darah. Kira2 itu rabies atau keracunan ya?

    ReplyDelete
  37. Kucing saya ngak mau makan terus mata, hidung ama mulut keluar air warna coklat, terus bau busuk. Ini penyakit apa yah?

    ReplyDelete
  38. Kucing saya udah 2 hari gk mau makan,dari dubur slalu keluar cairan bening.itu kenapa yaa
    Kasihan sekali,berat badannya udah turun,bawaannya lesu aja.😔,mau di kasih obat tapi tidak tahu apa

    ReplyDelete
  39. Kucingku umur 8 bulanan akhir akhir ini sering garuk telinga kadang ampe berdarah nafsu makan turun sering minum bahkan tidur dikamar mandi dikasih makan gak mau takutnya RIP kayak adeknya,harus gimana ya mohon sarannya dan sepertinya menular

    ReplyDelete